9 Cara Tingkatkan Keamanan VPS dengan Mudah

carihosting.com – Mencari cara untuk Tingkatkan Keamanan VPS ? Khusus bagi anda pengguna VPS baik itu pemula dan profersional.

Seperti yang kita ketahui bersama, VPS menjadi salah satu tipe hosting yang aman dan stabil lantaran tidak menggunakan ruang server yang dedicated, hal ini yang membuat banyak orang yang memilih VPS dibandingkan paket hosting lainnnya walaupun harganya sedikit lebih tinggi.

Cara Tingkatkan Keamanan VPS

Contents

Apa itu VPS ?

Bagi anda yang masih belum mengetahui apa itu VPS, sekedar informasi VPS adalah singkatan dari Virtual Private Server sebagai salah satu layanan web hosting yang menggunakan teknologi virtualisasi dan menyediakan resource khusus/pribadi di server meskipun digunakan oleh lebih dari satu user.

Baca Juga  Apa Kelebihan Menggunakan VPS ? Berikut Pengertiannya

Walaupun VPS termasuk layanan hosting yang aman dan stabil tapi bukan berarti anda tidak berusaha meningkatkan keamanan VPS anda sebab jangan sampai hal-hal yang tidak anda inginkan menimpa VPS anda ke depannya. Untuk itu anda perlu tahu mengapa anda harus Meningkatkan Keamanan VPS yang dapat anda simak sebagai berikut :

Pentingnya Meningkatkan Keamanan VPS

Mengatur keamanan VPS menjadi salah satu hal yang penting untuk dilakukan agar terhindar dari serangan para hacker yang tidak bertanggungjawab, dimana di era kemajuan teknologi seperti jaman sekarang, kejahatan-kejahatan kerap terjadi di dunia digital yang tentunya dapat merugikan perusahaan atau perorangan.

Adapun salah satunya seperti server yang terkena serangan virus ransomware yang dapat meng-encrypt semua file yang berada di server sehingga Anda tidak dapat membuka file-file tersebut, atau terjadinya pencurian data, server yang berjalan tidak maksimal hingga website berhenti untuk beroperasi, dan lain sebagainya.

Setelah mengetahui pentingnya meningkatkan keamanan VPS, maka tentu anda perlu segera meningkatkan keamana VPS anda walaupun pada umumnya saat membeli biasanya VPS sudah dibekali fitur keamanan, akan tetapi namun seiring berjalannya waktu keamanan server bisa saja menurun lantaran adanya faktor-faktor tertentu. Untuk itu, kali ini kami akan memberikan 9 Cara Tingkatkan Keamanan VPS dengan Mudah yang dapat anda simak sebagai berikut :

9 Cara Tingkatkan Keamanan VPS dengan Mudah

1. Menggunakan SSH

Cara pertama untuk Keamanan VPS adalah dengan login atau masuk ke server VPS secara remote melalui Secure Shell atau SSH. Login dengan cara ini dinilai paling aman lantaran SSH telah dilengkapi dengan enkripsi kriptografi untuk menjalankan service di network. Selain itu, SSH juga menawarkan level enkripsi yang tinggi. Dengan media ini Anda bisa menerima langsung trafik yang tidak aman menjadi lebih aman.

Baca Juga  Manfaat dan Kelebihan VPS KVM Mengapa Anda Harus Membeli !

2. Ubah Port untuk Login SSH

Cara yang selanjutnya adalah dengan mengubah port untuk login ke SSH. Biasanya port default untuk SSH adalah 22. Sehingga akan lebih baik apabila Anda mengubahnya dan tidak membiarkan orang lain tahu.Mengubah port SSH ini pun dilakukan untuk mencegah script jahat yang menyerang langsung ke default port.

Untuk mengubahnya Anda dapat melakukannya dengan mengakses file konfigurasi SSH seperti /etc/ssh/sshd_config atau Anda dapat menyesuaikannya dengan sistem operasi yang digunakan. Selanjutnya, cari baris guna mengatur port dan mengubahnya sesuai dengan port yang diinginkan, tetapi perlu anda ingat bahwa sebelum mengubahnya pastikan terlebih dahulu bahwa port tersebut tidak bertabrakan dengan aplikasi lainnya.

3. Gunakan Password yang Rumit

Sistem keamanan VPS juga dapat ditingkatkan dengan menggunakan password yang rumit yang terdiri atas kombinasi huruf kapital dan huruf kecil. Selain menggunakan kombinasi huruf kapital dan huruf kecil, Anda juga dapat menggunakan angka serta simbol dalam password.

Langkah lainnya adalah dengan menambahkan password aging atau notifikasi otomatis agar user mengganti password yang digunakan secara berkala. Anda juga perlu mengaktifkan sistem blokir yang akan aktif apabila user melakukan kesalahan login berulang kali untuk mencegah ancaman brute force.

4. Nonaktifkan Akun Root

Anda juga dapat menonaktifkan akun root sebelum melakukan rilis server mengingat akun root memiliki akses yang luas serta bebas untuk membuka segala hal yang ada di dalam sistem.Hal tersebut tentunya berbahaya apabila terdapat pengguna yang mengakses root tanpa sepengetahuan admin.

Untuk itu Sahabat Qwords dianjurkan untuk membuat akun user yang unik di setiap layanan Linux VPS dan menyertakan permission pada setiap user untuk mengerjakan tugasnya saja sehingga kesalahan pun dapat diminimalisir. Selain itu, anda juga harus menonaktifkan semua akun user yang sudah tidak diperlukan di dalam sistem.

5. Update Software Terbaru

Untuk meningkatkan keamanan server, anda juga harus selalu melakukan update perangkat lunak atau software yang terbaru guna meminimalisir adanya bug yang berakibat pada keamanan di versi sebelumnya. Apabila Anda sudah melakukan pembaruan dengan software terbaru, maka otomatis keamanan pun sudah pasti diperbaharui dan ditingkatkan.

6. Nonaktifkan Port Network yang Tidak Terpakai

Anda perlu tahu bahwa Port pada jaringan yang terbuka dan sudah tidak dipakai oleh sistem berpotensi untuk diserang oleh hacker. Untuk itu, anda sebaiknya untuk menonaktifkan port yang sudah tidak dipakai lagi di dalam sistem sebagai upaya untuk melindungi server dari serangan. Adapun untuk melihat port yang terbuka serta services yang berhubungan, Anda dapat memanfaatkan aplikasi seperti netstat. Anda juga memerlukan iptables yang berfungsi untuk menutup port yang terbuka serta chkconfig guna menonaktifkan layanan yang tidak diinginkan.

7. Pasang Antivirus/Antimalware

Bagi anda yang sudah menggunakan firewall yang mumpuni, tetapi itu tetap tidak cukup dimana Anda pun harus rela merogoh kocek untuk memasang perangkat lunak berupa antimalware atau antivirus sebagai langkah pencegahan terhadap adanya serangan online.

8. Konfigurasi Firewall

Anda perlu melakukan Konfigurasi firewall untuk meningkatkan keamanan VPS. Anda pun dapat menggunakan firewall NetFilter yang sudah terintegrasi dengan kernel Linux untuk menyaring arus lalu lintas yang tidak diinginkan. Adapun tools lainnya adalah TCP Wrapper yang dapat digunakan untuk menyaring akses jaringan di berbagai program

9. Blokir Akses Anonymous ke FTP

Dan terakhir adalah jangan sekali-kali memberikan akses kepada user yang tidak dikenal untuk mengunggah file ke server merupakan salah satu hal yang sebenarnya berbahaya.Oleh karena itu, Anda perlu memblokir akses user anonymous ke FTP mengingat setiap orang dapat mengunggah segala hal ke server.

Demikian informasi mengenai 9 Cara Tingkatkan Keamanan VPS dengan Mudah yang bisa anda terapkan untuk VPS anda agar nantinya masalah keamanan yang jebol atau diganggu oleh “tangan” usil mengganggu performa VPS dapat anda hindari dengan menerapkan keamanan yang tinggi untuk VPS anda.

Leave a Comment