Hindari 10 Kesalahan dalam Memilih Hosting, Biar Website Aman dan Lancar

carihosting.com – Bagi anda para pemula yang ingin membuat website atau blog secara profersional, tentunya anda membutuhkan domain dan hosting. Untuk domain sendiri, mungkin mudah sebab anda hanya perlu memutuskan nama domain apa yang akan anda gunakan, tetapi dalam hal pemilihan hosting tentunya membutuhkan pertimbangan lebih mendalam sebab hosting harus anda sesuaikan dengan kebutuhan website, kualitas hosting itu sendiri dan anggaran anda, maka itu pastikan anda tidak salah dalam memilih hosting.

Sekedar informasi, hosting adalah salah satu hal penting bagi website yang berguna untuk menyimpan semua jenis data yang ada di website, dimana data tersebut bisa berupa gambar, video, atau data lainnya. Untuk mengetahui fungsi hosting, berikut penjelasannya :

1. Fungsi utama dari web hosting adalah tempat penyimpanan data atau file dari aplikasi atau website secara online agar bisa diakses oleh para pengguna internet. Hosting bisa juga di ibaratkan hosting sebagai sebuah perpustakaan di mana website menjadi bukunya.

Baca Juga  Apakah yang Dimaksud Hosting? Berikut Arti dan Fungsinya

2. Fungsi lain dari hosting adalah sebagai redirection dari sebuah Domain Name Server (DNS). Meskipun website kamu terdaftar dalam DNS namun tidak dimasukkan dalam web hosting, maka tidak akan ada satu orang pun yang bisa mengakses website kamu. Bahkan bisa jadi orang-orang melihat notifikasi error saat hendak mengaksesnya.

3. Fungsi ketiga dari hosting juga tidak kalah penting yakni Menjaga Website atau Aplikasi tetap Online , sehingga penting anda tidak salah memilih hosting.

Setelah mengetahui arti pentingnya pemilihan hosting terbaik untuk blog dan website anda agar menghindari masalah kedepannya, maka kali ini kami akan memberikan beberapa kesalahan yang harus anda hindari dalam memilih hosting, yang dapat anda simak sebagai berikut :

Contents

Menggunakan Hosting Gratis

Siapa sih yang tidak suka gratisan ? Layanan gratis memang menarik dan menggiurkan dimana anda bisa menggunakan layanan hostinh tanpa harus mengeluarkan uang. Namun, hal ini merupakan kesalahan dalam memilih hosting yang masih banyak dilakukan oleh banyak orang. Dimana apabila anggaran anda terbatas, daripada menggunakan hosting gratis, anda bisa memilih paket shared hosting yang murah dan disesuaikan dengan kebutuhan website sehingga anda tetap bisa menikmati layanan hosting tanpa harus mengeluarkan uang dalam jumlah yang banyak.

Baca Juga  Tips Cara Memilih Paket Hosting Murah Berkualitas Untuk Blog Pribadi

Hosting yang Tidak Memberikan Jaminan Pengembalian Uang

Kebijakan pengembalian uang banyak dilakukan oleh penyedia jasa hosting terpercaya dan populer sebab karena mereka yakin akan kualitas terbaik untuk diberikan ke pengguna hosting mereka, tapi tentunya dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Untuk itu, pentingnya berkomunikasi terlebih dahulu dengan pihak hosting sebelum memutuskan membeli paket hosting, dan luangkan waktu untuk membaca persyaratan dan ketentuan tentang garansi pengembalian uang.

Tertipu Harga

Kesalahan yang paling umum di lakukan oleh pengguna adalah tidak teliti dalam melihat harga, dimana pada dasarnya harga paket di hosting memang tertulis dengan jelas dan besar, namun anda tetap harus teliti, dan pastikan bahwa harga yang ditawarkan memang harga yang sebenarnya sehingga anda tidak akan lagi dibebankan dengan biaya lain setelah memilih layanan hosting.

Mengabaikan Kualitas Layanan Pelanggan

Dalam memilih hosting berarti anda akan menggunakan layanan hosting tersebut dalam jangka waktu tertentu, dimana pentingnya memilih hosting dengan layanan pelanggan yang cepat dan aktif sebab apabila anda masalah yang mempengaruhi website anda kedepannya, anda dapat dengan segera menghubungi layanan pelanggan untuk mencari permasalahannya dan membantu dengan secepat mungkin agar tidak mempengaruhi traffik dan performa website anda terlalu lama.

Tidak Siap Melakukan Pembaruan

Kesalahan dalam memilih hosting selanjutnya adalah tidak mengantisipasi perkembangan website kedepan, dimana anda harus memilih hosting yang mudah dalam pembaharuan atau upgrade paket untuk menyesuaikan dengan kebutuhan website yang semakin tinggi. Maka dari itu, sebaiknya berkomunikasi terlebih dahulu dengan pihak hosting mengenai detail pembaharuan atau upgrade beserta biaya dan prosedurnya.

Memilih Paket Hosting yang Salah

Kesalahan satu ini bisa berakibat fatal, dimana apabila anda memilih paket hosting yang salah, besar kemungkinan hosting tersebut tidak sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh website. Untuk bisnis yang sudah memiliki pelanggan dan mengharapkan traffic yang cepat, maka memilih menggunakan paket yang tinggi adalah yang paling sesuai dengan kebutuhan anda

Tidak Melakukan Backup Secara Berkala

Resiko Kehilangan data bisa terjadi kapan saja dan menimpa kapan saja tanpa terkecuali, dimana Hosting memang menyediakan backup data, tetapi tidak ada salahnya jika anda juga melakukan backup eksternal secara berkala untuk menghindari kondisi terburuk yang berkaitan dengan data.

Sebaiknya Tidak Mengoperasikan Semua Website di Satu Hosting

Bagi banyak orang berpikiran akan lebih praktis dan mudah memiliki semua website dan blog dalam satu hosting. Namun sebaiknya anda hindari sebab ada kemungkinan website anda semua akan error apabila terjadi crash pada server. Atau anda juga bisa menanyakan pada penyedia hosting apakah mereka bisa membagi akun anda di beberapa server.

Tidak Menyadari Keterbatasan

Banyak penyedia hosting yang juga memiliki keterbatasan, dimana dapat berimbas pada perkembangan website anda kedepannya, maka dari itu pentingnya menyesuaikan paket hosting seiring dengan pertumbuhan bisnis anda.

Tidak Melakukan Riset

Dan terakhir adalah dengan menjamurnya penyedia hosting Indonesia, dimana pasti bingung akan membuat anda bingung menentukan pilihan, yang hadir dengan produk serta promo yang menarik. Maka dari itu pentingnya untuk melakukan riset dan analisa terlebih dahulu mengenai produk hosting terbaik yang akan pilih disesuaikan dengan kebutuhan website anda.

Agar tidak tertipu dan salah memilih hosting, lakukan riset. Cari tahu seperti apa penyedia hosting tersebut, produk dan layanan apa saja yang mereka tawarkan, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan kepuasan pelanggan.

Demikian informasi mengenai 10 Kesalahan dalam Memilih Hosting yang harus anda hindari agar Website anda Aman dan Lancar. Pastikan anda memilih paket hosting yang benar sebab akan berdampak sangat penting untuk perkembangan website anda kedepannya. Semoga bermanfaat dan berguna. Terima kasih.

Leave a Comment