Mengenal Fungsi RAM pada Hosting Untuk Website

carihosting.com – Apakah anda sudah mengenal fungsi RAM pada hosting anda ? Dimana Spesifikasi RAM pada hosting adalah satu satu poin penting yang harus anda perhatikan pada saat memilih hosting.

Mengenal Fungsi RAM pada Hosting Untuk Website

Dengan memilih spesifikasi RAM hosting yang sesuai maka akan mampu membuat performa website anda pun akan lebih optimal. Mengapa bisa ? sebab RAM atau singkatan dari Random Access Memory merupakan perangkat keras dalam komputer yang berfungsi untuk menyimpan data sementara, dimana apabila RAM pada hosting adalah kapasitas memori yang tersedia pada server hosting pengguna untuk membantu proses menampilkan informasi website ke pengunjung. Selain itu, setiap proses yang dilakukan pengguna hosting memerlukan memori RAM seperti ketika proses mengedit sebuat post atau menginstal tema dan plugin di WordPress yang sedang berjalan. Adapun RAM pada hosting memiliki struktur sebagai berikut :

  • Input Storage – berfungsi menampung data yang diinput
  • Program Storage – untuk memproses instruksi semua program ketika akan diakses
  • Output Storage – untuk menampilkan olahan data ke perangkat output
  • Working Storage – sebagai penyimpanan data yang sudah diolah

Lalu apa saja fungsi RAM ? Perlu anda ketahui bahwa fungsi RAM pada hosting pun cukup banyak seperti menyimpan data untuk sementara, meningkatkan kecepatan loading website, memudahkan pengelolaan website, hingga meningkatkan user experience. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasannya sebagai berikut :

Contents

Fungsi RAM Hosting

1. Menyimpan Data untuk Sementara

Fungsi RAM pada hosting yang pertama adalah untuk menyimpan data, dimana bedanya dengan disk space adalah penyimpanan pada RAM hanya untuk sementara waktu, ketika harus memproses data. Hal itulah yang menyebabkan mengapa data yang disimpan pada RAM akan hilang saat server direstart. Berbeda dengan disk space yang berperan untuk menyimpan data untuk jangka panjang.

Baca Juga  Cara Jitu Mengelola Website Toko Online Biar Aman dan Menguntungkan

2. Mempercepat Loading Website

Fungsi RAM selanjutnya adalah Mempercepat Loading Website, dimana pada saat pengunjung website anda meminta sebuah informasi, maka data utama yang tersimpan di disk space akan ditempatkan di RAM dan disimpan sementara untuk proses tersebut. CPU akan langsung mengakses data di RAM untuk melayani permintaan pengunjung dengan proses loading yang lebih cepat.

Baca Juga  Cara Hemat Memilih Paket Web Hosting yang Cocok untuk Bisnis

Selain itu, RAM juga bertanggung jawab atas banyaknya pemrosesan data yang dapat dilakukan bersamaan. Semakin besar kapasitas RAM, maka semakin banyak data yang dapat diproses sekaligus sehingga membuat kecepatan website pun akan meningkat.

3. Memudahkan Pengelolaan Website

Kemudian fungsi selanjutnya adalah RAM akan memudahkan anda dalam mengelola konten dengan lebih mudah karena kebutuhan website dalam menangani proses menentukan kebutuhan RAM yang harus dimiliki, seperti toko online yang direkomendasikan harus memiliki RAM yang besar disebabkan banyaknya data yang diproses bersamaan di website toko online, mulai dari menampilkan produk, mengelola pembayaran pengguna, menyimpan keranjang belanja, hingga transaksi selesai.

4. Meningkatkan User Experience

Anda juga perlu tahu bahwa fungsi RAM juga dapat user experience dimana kapasitas RAM yang cukup akan memastikan semua fitur website berjalan dengan baik demi kenyamanan pengunjung. Dengan begitu, pengunjung website akan nyaman mencari informasi yang mereka butuhkan di website Anda.

Demikian informasi mengenai Mengenal Fungsi RAM pada Hosting Untuk Website yang perlu anda ketahui bagi anda yang penasaran mengenai fungsi dan manfaat spesifikasi RAM pada hosting, dimana biasanya tersedia dari dari 1 GB hingga 16 GB yang bisa anda sesuaikan kebutuhan website anda.

Leave a Comment